Thursday, July 26, 2012

Sediakanlah waktu...


Seorang professor berdiri di depan kelas filsafat dan diatas mejanya terdapat beberapa benda. Saat kelas dimulai, tanpa berkata apa-apa dia mengambil sebuah toples kosong yang besar dan mulai mengisi toples tersebut dengan bola-bola golf. Kemudian dia berkata kepada para muridnya

“apakah toples ini sudah penuh?”
Semua mahasiswa menyetujuinya, Kemudian si professor mengambil batu-batu koral dan menuangkannya ke dalam toples dan mengguncang toples tersebut dengan ringan, batu-batu koral tersebut pun masuk mengisi tempat-tempat yang kosong di antara bola-bola golf itu, kemudian sang profesor bertanya kepada para mahasiswa
“Apakah toples ini sudah penuh?”
mahasiswa pun setuju dan menjawab bahwa toples itu sudah penuh. Selanjutnya si profesor mengambil sekantong kecil pasir dan menebarkan kedalam toples, pasir itupun menutupi segala ruang yang ada didalam toples. Sang profesor bertanya lagi
“apakah toples ini sudah penuh?”
mahasiswa pun dengan suara bulat serentak berkata, "Yaa!!"
kemudian sang profesor  menyeduh dua cangkir kopi dari bawah mejanya dan menuangkan isinya ke dalam toples,
dan secara efektif mengisi ruangan kosong di antara pasir.
Mahasiswapun  tertawa...
"Sekarang" kata sang profesor ketika suara tawa mereda
"Saya ingin kalian memahami bahwa toples ini mewakili kehidupanmu."
 "Bola-bola golf adalah hal-hal yang penting - Tuhan, keluarga, kesehatan, teman dan para sahabat. Jika segala sesuatu hilang dan hanya tinggal mereka, maka hidupmu masih tetap penuh."
 "Batu-batu koral adalah segala hal lain, seperti pekerjaanmu, rumah, motor,  mobil dan lain-lain." 
"Pasir adalah hal-hal yang lainnya, hal-hal yg sepele."
 "Jika kalian pertama kali memasukkan pasir ke dalam toples,"  lanjut profesor, "Maka tidak akan tersisa ruangan untuk batu koral ataupun untuk bola-bola golf. Hal yang sama akan terjadi dalam hidupmu." 
"Jika kalian menghabiskan energi untuk hal-hal sepele, kalian tidak akan mempunyai ruang untuk hal-hal yang penting buat kalian" 
"Jadi..."
 "Berilah perhatian untuk hal-hal yang kritis untuk kebahagiaanmu. Bermainlah dengan anak-anakmu, berkumpul dengan keluarga. Luangkan waktu untuk check up kesehatan. Ajak pasanganmu untuk keluar makan malam. Akan selalu ada waktu untuk membersihkan rumah, dan memperbaiki mobil atau perabotan." 
"Berikan perhatian terlebih dahulu kepada bola-bola golf, Hal-hal yang benar-benar penting. Atur prioritasmu. Baru yang terakhir, urus pasir-nya."
Salah satu murid mengangkat tangan dan bertanya
"Kalau Kopi yg dituangkan tadi mewakili apa?"
Profesor tersenyum, "Saya senang kamu bertanya. Itu untuk menunjukkan kepada kalian, sekalipun hidupmu tampak sudah begitu penuh, tetapi selalu tersedia tempat untuk secangkir kopi bersama sahabat" :-)

No comments:

Post a Comment